Kamis, 10 November 2016

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN ONLINE

Berawal dari masuknya saya ke sebuah rumah sakit swasta di mana saya tinggal karena satu penyakit yang memerlukan rawat inap, akhirnya sadarlah saya akan arti pentingnya mempunyai kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) atau orang sering sebut dengan nama kartu BPJS. Yang tadinya saya begitu acuh sama BPJS karena males melihat hiruk pikuknya pendaftaran yang berbelit-belit bahkan berhari-hari. Namun kini anda bisa mendaftarkan diri dan keluarga secara online. 

Langsung saja, sebelum anda mendaftarkan diri dan keluarga menjadi anggota BPJS ada baiknya persiapan segala sesuatunya, antara lain jaringan internet yang cukup lancar sehingga anda tidak bosan terlalu lama menunggu. Bisa jadi karena saat ini yang mendaftar menjadi anggota BPJS hingga ribuan orang per hari maka waktu aksesnya juga cukup lama masih beruntung jika servernya tidak down, bayangkan jika anda menggunakan jaringan internet yang pas-pasan bisa-bisa kita naik darah duluan.

Siapkan juga secangkir kopi atau teh hangat serta cemilan kesukaan anda agar lebih santai saat proses pendaftaran. Persiapan berikutnya adalah membuat email, dan siapkan data-data berikut :


  1.     Kartu Keluarga 
  2.     Pas Foto 
  3.     No. Handphone 
  4.     No. Rekening Bank ( Mandiri, BNI, BRI atau BTN) dan Nama Pemilik Rekening
  5.     Nama Fasilitas Kesehatan TK. I. Info Fasilitas ini adalah klinik BPJS terdekat
  6.     Kelas Rawat ( Kls. I Rp. 80.000, Kls II Rp. 51.000, Kls III Rp. 25.500)
  7.     Alamat domisili sekarang apabila berbeda dengan yang tertera di 
  8.     KTP/Kartu Keluarga.

Setelah persiapan segala sesuatunya silahkan masuk ke link BPJS di sini maka akan muncul layar seperti berikut


Setelah itu lihat paling bawah dan centang pada kotak kecil sebelah kiri pada tulisan : Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan, lalu pilih Pendaftaran yang ada di pojok kanan bawah.

Selanjutnya akan muncul layar seperti ini :




Pilih Pekerja Bukan Penerima Upah (centang),lalu centang lagi pada tulisan Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga isikan nomer kartu keluarga anda, baru isikan kode yang ada di layar, ada baiknya anda refresh dulu pada panah kanan dan kiri agar muncul kode yang baru.


Setelah anda mengisikan kartu keluarga anda, maka secara otomatis anggota keluarga yang ada di KK sudah terdaftar di situ anda tinggal isikan data-data yang di minta seperti No. HP, No rek bank sebagaimana syarat-syarat yang saya sampaikan di atas, jangan lupa isikan juga foto masing-masing anggota keluarga sesuai dengan foto masing-masing jangan sampai salah karena akan menjadi identitas diri masing-masing pemegang kartu. Ada beberapa data yang tidak bisa kita rubah biarkan saja yang penting Nama, Tgl Lahir dan NIK anda tidak salah. Kadang-kadang pada kolom alamat tidak sesuai dan tidak bisa di rubah mungkin sudah di lock sehingga kita tidak bisa merubahnya.

Saya singkat saja, setelah selesai entry data satu persatu anggota keluarga yang ada di KK anda akan mendapatkan email dari BPJS. Silahkan buka email anda dan klik pada link yang di kirim oleh BPJS untuk aktivasi kartu masing-masing. Pada proses ini terkadang memerlukan waktu agak lama namun jangan cepat bosan bersabar saja di tunggu hingga proses verifikasi dari BPJS selesai.

Setelah proses ini selesai, maka masing-masing anggota keluarga akan mendapatkan Virtual Account, biasanya kita di berikan dalam bentuk PDF dan anda bisa cetak ke printer dan di bawa pada saat mau bayar BPJS. Sejak kita mendapatkan Virtual Account ini kita masih memerlukan waktu sekitar 14 hari dari BPJS untuk melakukan verifikasi, karena jika anda langsung bayar seringnya data anda tidak di temukan atau belum terdaftar.

Contoh Virtual Account

Setelah kurang lebih anda menunggu 14 hari kerja, anda bisa membayar iuran BPJS berdasar virtual account di tempat-tempat yang sudah bekerjasama dengan BPJS baik di bank-bank pemerintah atau Alfa Indomaret dan Outlet lainnya.

Setelah anda bayar, silahkan buka kembali email dan klik link yang di kirim oleh BPJS saat proses pendaftaran virtual account. Jadi link tersebut fungsinya untuk mencetak virtual account, setelah anda bayar anda bisa mencetak kartu BPJS dengan printer anda sendiri, tidak harus colour black & white pun boleh. Nah setelah anda sukses membayar yang pertama jangan lupa di bulan-bulan berikutnya antara tanggal 1 hingga tanggal 10 untuk menghindari sanksi jika anda tidak membayar sesuai dengan tanggal yang sudah di tentukan.

Selamat mendaftar menjadi anggota BPJS jangan menunggu masuk rumah sakit seperti saya, anda baru sadar akan pentingnya program ini. Dan saya berdo'a bagi anda-anda yang sudah memegang kartu BPJS Selalu sehat agar iuran anda dapat membantu mereka yang lebih memerlukan biaya perawatan dan rumah sakit.